CARA MENGAKTIFKAN SMS BANKING DAN CEK SALDO REKENING LEWAT HP

Kali ini saya ingin mencoba berbagi cara untuk mengaktifkan SMS Banking BRI atau SMS Banking BPD dan bagaimana cara cek saldo rekening bank BRI/BPD  melalui SMS di handphone.

Mungkin  teman-teman  sudah  lebih  dulu mengenal  dan menggunakan fasilitas SMS Banking ini.Namun tidak ada salahnya saya share kembali dan mungkin cara ini bisa berguna bagi teman-teman guru yang mempunyai rekening  di bank  terutama yang menerima tunjangan profesi tunjangan fungsional atau gaji.

Di bulan-bulan ini memang sebagian besar guru sudah menerima SK tunjangan profesinya. Biasanya kalau sudah keluar SKTP, rekan guru akan saling bertanya, uangnya sudah masuk ke rekening belum, atau  kalau yang sudah menerima  tunjangan untuk triwulan 1 pasti akan mengharapkan kapan  dana triwulan dua akan ditransfer dan seterusnya. Mungkin ada beberapa rekan yang dengan  telatennya mendatangi  kantor  Bank  hanya sekedar  mengecek  uang  sudah masuk ke rekening  atau  belum. Atau  pergi  ke ATM hanya  sekedar melihat  saldo rekening banknya. 

Nah..dari pada jauh-jauh pergi  ke Bank  atau  ATM kenapa  tidak cek  saldo rekening  Bank dari HP atau Handphone  saja, hanya  tinggal klik lewat  SMS  kita sudah bisa tahu jumlah sisa uang di dalam rekening kita. Bagaimana caranya? Ya..dengan memanfaatkan  fasilitas  SMS Banking.

SMS Banking BRI 3300 dan Banking  BPD  3122 merupakan salah satu layanan mobile banking melalui sms, yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan  dalam  mendapatkan layanan perbankan BRI. Melalui SMS Banking BRI 3300 dan Banking  BPD  3122, kapan pun dan dimana pun, anda bisa melakukan berbagai  transaksi dengan aman dan leluasa.

Sebelum mencek saldo rekening  bank melalui SMS, terlebih dulu kita harus aktifkan  SMS Banking handphone  anda. Untuk  mengaktifkan  SMS  Banking BRI, syarat utama kita harus memiliki BRI Card atau ATM BRI,dan untuk pendaftaran SMS Banking BPD anda bias langsung ke Bank BPD setempat

Cara Pendaftaran SMS Banking BRI dapat dilakukan di ATM terdekat dengan cara sebagai berikut :

Pertama, masukkan ATM Card BRI kedalam mesin ATM lalu masukan PIN Anda untuk bisa masuk ke menu utama.

Kedua, di menu utama pilih Transaksi Lainnya kemudian pilih Registrasi lalu pilih SMS Banking

Ketiga, masukkan nomor Handphone (HP) yang akan dipakai untuk SMS Banking BRI, kemudian buatlah PIN minimal 6 dijit (buatlah PIN yang susah ditebak orang lain tapi mudah untuk Kita ingat) sekali lagi masukkan PIN yang sama untuk konfirmasi.(2x memasukkan No PIN)

Keempat, Tahap registrasi SMS Banking telah selesai. Jika berhasil, maka akan keluar print out atau struk dari mesin ATM bahwa registrasi SMS Banking BRI telah berhasil.

Setelah proses  pendaftaran atau registrasi SMS Banking BRI selesai, selanjutnya  dari  nomor hanphone anda  sudah dapat melakukan cek saldo dengan nomor akses 3300. Tapi registrasi melalui ATM, berlaku hanya  untuk cek saldo saja. Jika SMS Banking BRI sudah aktif, kemudian anda dapat cek saldo rekening melalui nomor akses 3300 dengan biaya Rp550,00/transaksi (tarif SMS dapat berubah sewaktu-waktu). Jika menginginkan  transaksi  lain, misal  transfer  uang, bayar listrik, bayar  telepon, isi ulang pulsa dan lainnya, anda harus melakukan registrasi secara manual di unit kerja BRI.

Berikut ini contoh format/perintah SMS Banking BRI : 

Cek Saldo Rekening BRI
Ketik : SALDO [spasi] PIN
Contoh : SALDO  123456 Kirim ke 3300

Cara Transfer Uang ke sesama Bank BRI
Ketik : TRANSFER [spasi] NOMOR REKENING TUJUAN [spasi] NOMINAL [spasi] PIN
Contoh : TRANSFER  010104567801011 150000 123456 Kirim ke 3300

Cara Transfer Uang ke Bank lain
Misalnya kita  akan transfer  ke Bank Mandiri  dengan  kode 008
Contoh : TRANSFER  008010104567801011 100000 123456 Kirim ke 3300

Cara Pembelian Pulsa
Ketik : PULSA [spasi] NO.HP [spasi] NOMINAL [spasi] PIN
Contoh : PULSA  085248123456 50000 123456 Kirim ke 3300


Cara Pendaftaran SMS banking BPD dapat dilakukan  dengan ke kantor Bank BPD terdekat tidak melalui ATM dengan cara sebagai berikut :

Pertama,mengisi  formulir yang diberikan oleh Customer  Service  Bank BPD dengan isian :
Nama,No Hp,No rekening,Kode nama alias pengganti No rekening dengan 5 digit

Kedua,serahkan formulir isian tadi ke  Customer Service dan tunggu untuk didaftarkannya

Ketiga,ketik dengan menggunakan Hanphone anda  di pesan “AKTIVASI”Kirim ke 3122

Keempat,setelah di  AKTIVASI di Hanphone anda ada pesan SMS pemberitahuan  PIN ANDA 235489

Berikut ini contoh format/perintah SMS Banking BPD : 

Cek Saldo Rekening BPD
Ketik : SALDO [Spasi] Kode nama alias 5 digit pengganti No Rekening [Spasi] PIN
Contoh : SALDO  AABBC  235489 Kirim ke 3122

Cek Transaksi Rekening BPD
Ketik : TRANSAKSI [Spasi] kode alias [Spasi] PIN
Contoh : TRANSAKSI  AABBC  235489  Kirim ke 3122

Cara Transfer Uang ke sesama  Bank BPD
Ketik : TRANSFER [Spasi] kode alias [Spasi] No Rekening  Tujuan [Spasi] Nominal Uang [Spasi] PIN
Contoh : TRANSFER  AABBC  028.03.28.00004.0 100000 235489  Kirim ke 3122


Dengan SMS Banking  anda tidak akan bertanya-tanya  lagi  kapan  pencairan tunjangan profesi /gaji atau kapan pencairan tunjangan  fungsional  dan tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor bank atau ke ATM.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "CARA MENGAKTIFKAN SMS BANKING DAN CEK SALDO REKENING LEWAT HP"