INFO PENDAFTARAN SNMPTN 2015


SNMPTN 2015 resmi diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir pada hari Kamis (15/1) di Auditorium Lantai 2 Gedung D, Ditjen Dikti, Senayan.  Dalam sambutannya, Menristekdikti mengatakan sistem penyelenggaraan SNMPTN masih perlu dievaluasi, terlebih dengan adanya penggabungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek). Untuk itu, Menristekdikti berharap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat merespon positif adanya perubahan tersebut . “Hal ini demi kelancaran proses pembelajaran di negeri ini sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional-red) dan Pendidikan Tinggi” ungkapnya.

Menristekdikti juga menghimbau pelaksanaan SNMPTN 2015 agar tidak terjadi diskriminasi kepada peserta. Baik itu penyandang disabilitas, maupun peserta yang berada di daerah  terluar dan terdepan. “Semua mendapat hak yang sama. Sehingga pendidikan lebih terjamin dan merata” kata Menristekdikti.

SNMPTN 2015 menampung mahasiswa baru untuk setiap program studi (prodi) paling sedikit sebanyak 50%. Tahun ini sebanyak 63 PTN mengikuti proses seleksi dengan SNMPTN. “Untuk 13 PTN baru, belum bisa ikut serta dalam SNMPTN tahun ini karena masih dalam tahap pendampingan” ujar Rochmat Wahab selaku Ketua SNMPTN 2015 menambahkan.

Persyaratan untuk calon peserta SNMPTN antara lain harus sudah berada di kelas terakhir pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK), memiliki prestasi akademik, serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Peserta diperbolehkan memilih maksimal dua PTN dengan ketentuan jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berasal dari provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa. Untuk pemilihan prodi, peserta dapat memilih maksimal tiga prodi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua prodi.

Untuk pendaftaran nantinya masing-masing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih dahulu melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di laman pdss.snmptn.ac.id yang kemudian akan diverifikasi. Sedangkan untuk pendaftaran prodi PTN melalui laman snmptn.ac.id.

Berikut info pendaftaran SNMPTN 2015 dari panitia seleksi :
1.Ketentuan Umum : seleksi dilaksanakan melalui hasil penelusuran prestasi & portofolio akademik

2.Sekolah hrs kirim data prestasi siswa (nilai rapor) kelas terakhir ke pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

3.Siswa yg berhak ikut seleksi adalah siswa yg miliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

4.Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yg berlaku pd masing-masing PTN di laman (website) PTN yg dipilih

5.Syarat peserta : calon psrta hrs sudah berada di kelas terakhir pd pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) & akan ikut UN 2015, memiliki catatan prestasi akademik di PDSS & penuhi syarat yg ditentukan masing2 PTN

6.Cara daftar SNMPTN: login ke http://snmptn.ac.id gunakan NISN & password yg diberikan Kepsek waktu verifikasi data di PDSS; isi biodata, pilihan PTN, pilihan prodi, unggah foto pasfoto resmi terbaru & dokumen prestasi tambahan (jika ada); pelamar prodi ilmu seni dan keolahragaan hrs unggah portofolio/dok bukti keterampilan gunakan pedoman yg dpt diunduh pd laman snmptn.ac.id; siswa pelamar mencetak kartu bukti pendaftaran pd waktu yg telah ditentukan sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

7.Evaluasi seleksi berdasarkan minat, bakat, kemampuan, pengalaman di bidang seni/olahraga

8.Program studi bidang ilmu seni : seni rupa, desain (produk, komunikasi visual, interior,animasi/media digital), kriya (kulit/logam/tekstil), media rekam, seni pertunjukan (tari, drama, musik).

9. Program studi bidang ilmu keolahragaan : Ilmu keolahragaan, pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi, pendidikan kepelatihan olahraga, pddkan jasmani & kesehatan.

10. Pilihan program studi SNMPTN 2015 maks 2 PTN dgn ketentuan jk memilih 2 PTN maka salah satu PTN harus di provinsi yg sama dgn asal sekolah siswa. Maksimal memilih 3 prodi dgn ketentuan 1 PTN maksimal 2 prodi.

11.Pembiayaan SNMPTN 2015 : seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah. GRATIS.

12.Jadwal penting SNMPTN : peluncuran 15/1, pengisian & Verifikasi PDSS 22/1-12/3, pendaftaran 
13/2-15/3, pengolahan data 16/3-8/5, pengumuman kelulusan 9/5, daftar ulang 9/6.

13.Jumlah sekolah yg sudah isi PDSS 10.398 dr 19.112 sekolah (1.157.453 siswa)

14.Daya tampung SNMPTN 2015 sebanyak 137.781

15.call center SNMPTN 2015 0804 1 450 450, laman http://www.snmptn.ac.id, twitter @sekreSNMPTN fb sekreSNMPTN

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "INFO PENDAFTARAN SNMPTN 2015"