PADAMU NEGERI tidak ditujukan sebagai pengganti program DAPODIK Kemdikbud,tetapi sebagai pelaksanaan tupoksi Penjaminan Mutu Pendidikan melalui program EDS dan VerVal NUPTK


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) pada tahun 2013 meluncurkan program Padamu Negeri. Padamu Negeri yang merupakan singkatan dari Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan. Padamu Negeri merupakan 
layanan Sistem Informasi terpadu Online yang dibangun oleh BPSDMPK-PMP bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia. Kerjasama ini sendiri dimulai dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara BPSDMPK-PMP yang diwakili oleh Kepala Badan Bapak Syawal Gultom dengan PT Telkom Indonesia yang diwakili oleh Direktur Telkom Muhammad Awalluddin.
Layanan  Padamu Negeri yang merupakan program Pemetaan Mutu Pendidikan 2013 terdiri dari integrasi antara Verifikasi dan Validasi NUPTK dengan Evaluasi Diri Sekolah (EDS), diluncurkan oleh BPSDMPK-PMP dengan surat edaran Nomor : 1074/J/LL/2013 yang ditanda tangani oleh Kepala BPSDMPK-PMP yang ditujukan ke Kepala LPMP dan Kepala Dinas Kabupaten / Kota seluruh Indonesia.
Pada pelaksanaannya Sistem transaksional Padamu Negeri dibangun diatas platform SIAP Telkom edisi tidak berbayar sesuai dengan salah satu butir yang terdapat didalam Nota Kesepahaman. Sistem Informasi Padamu Negeri dikembangkan full online berbasis teknologi web terkini yang tersedia 24 jam di jaringan internet. Portal Utama PADAMU NEGERI dapat diakses melalui website resmi BPSDMPK-PMP http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu dan beberapa situs terkait diantaranya http://padamu.siap.web.id. Melalui sistem ini PTK secara individu berpartisipasi dan bertanggung jawab atas informasi yang dimasukkan ke sistem karena akses login diberikan ke individu yang terlibat selain proses verifikasi dan validasi yang dilakukan administrator  sekolah sampai operator LPMP secara administratif maupun dokumen pendukung untuk menjaga kualitas data yang masuk. Mari kita sukseskan program Pemetaan Mutu Pendidikan 2013 melalui PADAMU NEGERI.

Mulai 20 Mei 2013 s.d 30 September 2013, BPSDMPK-PMP menyelenggarakan kegiatan VerVal (Verifikasi dan Validasi) NUPTK terintegrasi EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang wajib diikuti oleh PTK. Pemilik NUPTK dan masih aktif sebagai PTK (Pendidik & Tenaga Kependidikan) silakan melakukan proses verifikasi dan validasi (VerVal), pemutakhiran datanya serta melengkapi EDS (Evaluasi Diri Sekolah) dengan mengunduh Formulir, dan mengikuti prosedur yang ada disitus ini. Proses VerVal dan pemutakhiran data yang terintegrasi EDS ini sekaligus berfungsi untuk pembersihan database NUPTK yang tersimpan selama periode 2006 s.d 2012 dari keadaan yang tidak benar, tidak lengkap, tidak sesuai formatnya dan duplikasi. Bagi PTK pemilik NUPTK yang tidak melakukan proses VerVal dan pemutakhiran, status NUPTK-nya akan dinyatakan TIDAK AKTIF periode 2013 secara otomatis oleh sistem. Bagi PTK yang telah di verifikasi dan validasi oleh sistem pendataan direktorat terkait namun belum teridentifikasi atau belum memiliki NUPTK dapat mengajukan NUPTK baru melalui Layanan PADAMU NEGERI sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh BPSDMPK-PMP KEMDIKBUD. LINK PADAMU NEGERI

PROGRAM KERJA
PADAMU NEGERI tidak ditujukan sebagai pengganti program DAPODIK Kemdikbud. Layanan PADAMU NEGERI dikelola oleh BPSDMPK-PMP Kemdikbud bekerjasama dengan PT. Telkom secara legal dalam rangka pelaksanaan tupoksi Penjaminan Mutu Pendidikan melalui program EDS dan VerVal NUPTK yang telah berlangsung setiap tahun sejak tahun 2006 hingga saat ini. Dari kerjasama tersebut Sistem PADAMU NEGERI dibangun diatas "Platform" Aplikasi SIAP Online Edisi Gratis (Bebas Biaya) milik PT. Telkom.

Hasil PADAMU NEGERI sebagai dasar perencanaan program UKG, Sertifikasi Guru, Diklat PTK di periode selanjutnya mulai 2014 nanti.

Jadi tidak perlu ada kekuatiran berlebihan terhadap kehadiran PADAMU NEGERI yang tujuannya berbeda dengan DAPODIK. Hal ini sama halnya dengan program PDSS dari Dikti untuk proses seleksi SNMPTN (https://pdss.snmptn.ac.id/).
PADAMU NEGERI terbuka untuk menunggu hasil DAPODIK secara menyeluruh agar bisa segera berbagi data yang akurat melalui PDSP sehingga layak menjadi sumber referensi data utama bagi unit kerja lainnya yang membutuhkan termasuk PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP. Jika nantinya hasil DAPODIK telah siap dan terbuka akses datanya melalui PDSP maka PADAMU NEGERI tentu akan menyesuaikan di periode selanjutnya.
PADAMU NEGERI mendukung program DAPODIK sebagaimana yang direncanakan untuk digunakan sebagai sumber data tunggal (referensi data utama) bagi seluruh unit utama di Kemdikbud mulai tahun 2014 nanti.
BPSDMPK-PMP sebagai salah satu unit utama Kemdikbud telah menyiapkan Aplikasi PADAMU NEGERI saat ini termasuk perangkat pendukungnya untuk terintegrasi dengan DAPODIK mulai 2014 nanti sebagaimana surat edaran dari Wamendikbud tanggal 30 Agustus 2013. PADAMU NEGERI juga disiapkan sebagai "Contingency Plan"  BPSDMPK-PMP untuk antisipasi pada suatu keadaan yang tidak sesuai rencana utama tersebut..

Demikian semoga bisa mencerahkan semua pihak terkait.
Salam PADAMU NEGERI INDONESIAku,

Admin Pusat
BPSMDMPK-PMP KEMDIKBUD

PENGUMUMAN
Layanan Siap Padamu Negeri yang merupakan kerjasama antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) dengan Telkom Indonesia adalah Layanan Sistem Informasi Edisi Tidak Berbayar. Seluruh Satuan Pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Kota, Dinas Pendidikan Provinsi dan Unit-unit terkait di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan modul PADAMU NEGERI yang berjalan di Platform SIAP tanpa dikenakan biaya apapun. Layanan PADAMU NEGERI merupakan aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan yang merupakan integrasi dari layanan NUPTK dan Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Hati-hati dengan informasi tidak bertanggung jawab yang menyebutkan bahwa modul PADAMU NEGERI dikenakan biaya terhadap Sekolah yang memanfaatkan aplikasi ini untuk verifikasi dan validasi NUPTK dan EDS. Laman resmi layanan versi publik dapat diakses di http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu sedangkan alamat login di alamat http://padamu.siap.web.id. Terima Kasih (Tim Admin Pusat PADAMU NEGERI)

Sumber : http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/bpsdmpk/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PADAMU NEGERI tidak ditujukan sebagai pengganti program DAPODIK Kemdikbud,tetapi sebagai pelaksanaan tupoksi Penjaminan Mutu Pendidikan melalui program EDS dan VerVal NUPTK"

Post a Comment